Budaya Yang Menghambat Dan Budaya Yang Mendorong Kemajuan

budaya adalah suatu tatanan hidup dan bahkan bagian dari sebuah potongan kecil yang berada di dalam masyarakat yang menjaga keseimbangan, kehormatan terhadap orang - orang yang memilikinya pada kali ini saya akan memposting sebuah posting yang berjudul "budaya yang menghambat dan budaya yang mendorong kemajuan" berikut selenkapnya ...

seperti  yang di ketahui di atas budaya adalah suatu tatanan hidup dari suatu masyarakat, hal itu bukanlah pengertian sesunguhnya khal itu adalah gambaran bagai mana sebuah kebudayaan mempengaruhi kehidupan orang - orang di dalamnya sebelum kita dapat mengetahui apa manfaat dan kekurangannya di dalam perkembangan yang terjadi, maka kita harus mengenal terlebih dahulu pengertian budaya.

Pengertian Budaya





Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Definisi Budaya




Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas,pakaian, bangunan, dan karya seni.[1] Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
 Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk

Kebudayaan

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Pengaruh pesatnya kemajuan teknologi terhadap budaya

Seiring dengan berkembangya zaman di era – globalisasi, kebudayaan yang berada di sekitar masyarakatpun memudar hal ini di sebabkan oleh masuknya budaya asing yang menyebabkan bergesernya kebudayaan masyarakat di zaman ini. Hal ini dapat terjadi di karnakan pesatnya informasi sehingga sulit bahkan informasi tersebut tidak dapat di tahan perkembangannya hal ini juga dikarnakan informasi tersebut berperan penting dalam memajukan Negara dan juga untuk mengenalkan budaya kita terhadap budaya asing

Budaya di dalam masyarakat masyarakat

Di era globalisasi ini kebudayaan adalah hal wajib untuk di lestarikan terutama untuk tujuan memberi taukan warisan Negara kepada dunia agar warisan tersebut tidak hilang dan lenyap dari Negara tersebut. hal tersebut membuat kebudaayan asing mudah masuk ke negeri kita.

Selain itu kebudayaan mempengaruhi para penduduk yang melestarikannya, di dalam tata bahasa, cara berpakaian dan lain sebagainya.


Budaya yang menghambat perkembangan di dalam masyarakat




Kebudayaan mengacuh erat pada prilaku yang di lakukan pada si penguna kebudayaan tersebut, hal tersebut dapat berdampak fatal bila kebudayaan tersebut terkandung moral buruk yang merusak prilaku dan kebiasaan tersebut, hal ini di picu oleh banyaknya informasi yang tidak layak di cerna oleh masyarakant banyak seperti dalam hal mengatakan bahasa asing, sering kali bahasa tersebut memiliki arti yang tak pantas bahkan bahasa tersebut mengandung makna yang merendahkan maupun menghina seseorang atau suatu kelompok tertentu.

Tak hanya dalam berbahasa, prilaku tercelapun banyak bermunculan di kalangan masyarakat seperti berjudi, meminum minuman keras, serta menjadikan jabatan sebagai status seseorang yang menyebabkan terjadinya perbedaan hak yang terlihat sebagai pembatas yang kokoh seperti budaya komunis yang lebih mementingkan pihak pemerintahan dibandingkan dengan masyarakat biasa.


Budaya yang membantu perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat




Budaya di dalam masyarakat sering kali di gunakan sebagai sarana hiburan maupun sarana untuk mempererat hubungan antar warga tersebut, selain hal di atas kebudayaan juga digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana pendidikan untuk generasi mereka. Hal ini terjadi di karnakan kebudayaan tidak hanya menjadi hiburan semata, budaya memiliki beberapa aspek seperti kesenian dan nilai nilai moral yang berguna membangun pribadi generasi yang kokoh

Salah satu manfaat dari kebudayaan ialah mengajarkan pada masyarakat untuk menghargai perjuangan dari leluhur mereka, mengajarkan pentingnya kebersamaan dan juga rasa akan tanggung jawab.