Dampak Negatif Dan Positif Harlem Shake

"Harlem Shake" adalah sebuah lagu yang direkam DJ dan produser Amerika Serikat Baauer. Lagu ini dirilis dalam bentuk unduhan digital gratis oleh label imprint Mad Decent, Jeffree's, pada tanggal 22 Mei 2012. Harlem Shake juga mengambil sampel lagu "Miller Time" karya Plastic Little, khususnya pada bagian "then do the Harlem shake" yang merujuk pada jenis tarian dengan nama yang sama. Baauer menambahkan berbagai suara unik pada lagu tersebut sehingga tampak perbedaannya.


Singel ini baru laris terjual pada Februari 2013, ketika sebuah video YouTube yang diiringi musik ini menjadi venomena Internet . Tanggapan media terhadap venomena ini turut meningkatkan penjualan singel Harlem Shake. Singel ini menempati posisi puncak di tangga lagu Billboard Hot 100 dan Dance/Electronic Songs, serta peringkat tiga di UK Singles Chart di Britania Raya.


"Harlem Shake" banyak dipuji kritikus musik yang melihatnya sebagai lagu tarian yang meyakinkan.

tak hanya dalam sebatas lagu harlem shake sering di lakukan dengan tarian yang berulang ulang setiap menitnya dan merupakan bagian yang terpisahkan dari kata "harlem shake" itu sendiri

Harlem shake sendiri atau Goyang Harlem, pada awalnya disebut albee, adalah tarian yang diperkenalkan pada tahun 1981 oleh penduduk Harlem bernama "Al B". Tarian ini awalnya disebut sebagai "albee" setelah namanya, namun kemudian dikenal sebagai goyang Harlem sebagai ketenaran yang meningkat di luar lingkungan. Tarian menjadi arus utama pada tahun 2001 ketika G. Dep menampilkan goyang Harlem dalam video musiknya "Let's Get It".


Hal tersebut baru populer setelah merebahnya di antara media yang ada terutama youtube. hal tersebut terjadi di karnakan tarian tersebut membuat semua orang merasa bahwa hal tersebut umum dan di buat untuk seluruh orang, hal ini tercemin dari koreografi tanpa adanya pengaturan dari tarian tersebut dan setiap orang bebas untuk mengkreasikan tarian mereka di dalam pengertian harlem shake itu sendiri

Dampak Positif dari harlemShake : 
  • harlem shake ialah tarian tanpa batas usia dan  tanpa adanya batasan dari tarian tersebut sehingga seluruh orang dapat mengeluarkan ide di setiap tarian yang mereka buat.

  • harlem shake ialah tarian tanpa koreografi sehingga para pelakunya dapat mengekspresikan tindakan mereka berupa tarian dengan tema kehidupan sehari - hari yang tanpa sadar membuat para pelaku melepaskan seluruh emosi dan fikiran mereka dan membuat mereka merasa rileks.

  • dapat di jadikan sebagai suatu bahan untuk mempererat hubungan silaturahmi di karnakan harlem shake tidak hanya di lakukan sendiri tetapi dapat di lakukan oleh banyak orang sehingga terlihat setiap orang berkerja sama sebelum pembuatan tarian tersebut.
Dampak Negatif dari HarlemShake :
  • harlemshake merupakan tarian yang bersifat bebas dalam arti segala hal, hal ini bertentangan dengan beberapa norma seperti norma dalam berpakaian maupun dalam bertindak, seperti gerakan yang menyindir suatu kelompok atau seseorang maupun pakaian yang kurang pantas.



  • harlemshake merupakan venomena yang terjadi di kalangan masyarakat dunia hal ini menyebabkan turunnya  suatu kegiatan positif seseorang di dalam kegiatan mereka sehari - hari, dan lebih mementingkan/mendahulukan venomena yang terjadi di dunia dari pada menjalankan sesuatu yang bersifat keagamaan.Ditinjau dari segi Islam sesuai dengan ayat Al-Qur'an berikut :

  • وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَعْمَالُهُمْ كَسَرَابٍ بِقِيعَةٍ يَحْسَبُهُ الظَّمْآنُ مَاءً حَتَّى إِذَا جَاءَهُ لَمْ يَجِدْهُ شَيْئًا
    “Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apa pun.” (QS An-Nur 39)
Menurut saya sendiri harlemShake ialah sebagaimana individual mengangapnya sebagai venomena yang semakin lama semakin meredup, menjadkan venomena tersebut hanya sebagai venomena bukanlah suatu kegiatan sehari - hari yang harus di lakukan